Gula Darah | Cara Menurunkan Gula Darah

July 26th, 2012 by herbal Leave a reply »

Berapa kadar gula darah Anda?

Gula darah merupakan  istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah. Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh.

Penyakit yg ditimbulkan apabila terjadi masalah pada gula darah adalah Diabetes mellitus . Walaupun disebut “gula darah“, selain glukosa, kita juga menemukan jenis-jenis gula lainnya, seperti fruktosa dan galaktosa. Namun demikian, hanya tingkatan glukosa yang diatur melalui insulin dan leptin.

 Ada orang dengan gula darah 400 tetap merasa hidup normal. Jika gula darah anda tinggi, misal di atas 200, maka jangan kawatir, tetap tenang.  Tes gula darah dengan alat tes diabet (diabetes test) bukan ukuran pasti .

Jika anda merasa tidak nyaman dengan angka gula darah itu, maka anda harus segera melakukan itu diabetic diet Yaitu menghindari jenis gula pasir dan semua gula sintetis. Ganti dengan gula aren/gula merah. Atau makan buah setiap hari sebagai pengganti gula. Gula putih adalah racun paling manis.


Pengaruh dari Gula Darah

Bila level gula darah tetap tinggi, disebut hiperglikemia, nafsu makan akan tertekan untuk waktu yang singkat. Hiperglikemia dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berkepanjangan pula yang berkaitan dengan diabetes, termasuk kerusakan pada mata, ginjal, dan saraf.

Bila level gula darah menurun terlalu rendah, berkembanglah kondisi yang bisa fatal yang disebut hipoglikemia. Gejala-gejalanya adalah perasaan lelah, fungsi mental yang menurun, rasa mudah tersinggung, dan kehilangan kesadaran.


Cara Menurunkan Kadar Gula Darah

  • Olahraga. Cobalah tetap aktif dan berolahraga setiap hari. Jalan kaki dan bentuk olahraga ringan lainnya bisa membantu membakar gula di dalam tubuh.
  • Diet. Diet rendah karbohidrat merupakan cara yang paling dikenal dalam menurunkan kadar gula darah. Makanan yang rendah karbohidrat termasuk susu kedelai, jelai, dan ikan haring bisa menjadi pilihan Anda. Selain itu, makanan tinggi serat seperti  kacang kedelai, oatmealbran/sekam atau sereal dengan kismis, rotiwhole bread dan kacang-kacangan bisa membantu mengontrol diabetes. Di samping itu, cobalah menambah asupan buah dan sayuran segar.
  • Turunkan berat badan. Berat badan normal akan membantu Anda mengontrol kadar glukosa darah. Cobalah berkonsultasi dengan ahli nutrisi dan mengikuti anjuran diet dengan benar.
  • Tidur cukup. Kurang tidur akan mengurangi kemampuan tubuh mengolah glukosa dengan efektif. Anda bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan istirahat yang cukup.
  • Konsumsi kayu manis. Kayu manis dinyatakan bisa menurunkan kadar gula darah. Cobalah menambah asupan kayu manis ke dalam diet Anda atau bisa juga menggunakan kayu manis dalam bentuk kapsul.
  • Suplemen. Penderita diabetes lebih berisiko mengalami kekurangan seng. Cobalah mengonsumsi suplemen atau memperbanyak asupan makanan yang mengandung seng untuk menurunkan kadar gula darah. Ayam dan sarden merupakan makanan yang kaya seng.
  • Minum teh hijau tanpa gula. Cara ini juga dinyatakan bisa membantu menurunkan kadar gula darah.
Advertisement

Leave a Reply

You might also likeclose