Anyang-Anyangan

Jangan sepelekan penyakit anyang-anyangan, apalagi jika sering Anda alami. ini merupakan gejala serius bagi kesehatan Anda.

 

Apa itu Anyang-anyangan?

Anyang-anyangan adalah  rasa ingin buang air kecil yang terus menerus, atau lebih dari dua-tiga kali dalam suatu waktu? Padahal ketika Anda ke belakang, hanya sedikit sekali air seni yang keluar.

Memang anyang-anyangan adalah gejala umum yang sering dialami orang. Meski begitu, sebaiknya Anda waspada.

 

Anyang-Anyangan dan Infeksi Saluran Kemih

Dari sejumlah penelitian, besar kemungkinan jika anyang-anyangan sering terjadi, maka si penderita mengalami infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih sendiri dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu infeksi saluran kemih dengan penyulit dan infeksi saluran kemih tanpa penyulit. Disebut infeksi saluran kemih dengan penyulit jika ada batu dalam saluran kemih dan terjadi penyumbatan prostat. Dan disebut tak ada penyulit jika murni terinfeksi oleh kuman dari luar yang masuk ke saluran kencing.

Infeksi saluran kemih bisa menimpa siapa saja, laki-laki maupun perempuan. Tapi perempuan cenderung memiliki potensi lebih besar karena saluran uretra atau buang air kecil wanita lebih pendek, sekitar 4 cm dan posisinya berada dekat dua lubang.

 

Penyebab dan Gejala Anyang-anyangan

Faktor penyebab anyang-anyangan adalah

  • cara cebok yang salah, seperti dari belakang ke depan, pun dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Cara seperti ini sama saja dengan menarik kotoran ke daerah vagina atau saluran kencing.
  • Suka menahan buang air kecil juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih karena kebiasaan ini memungkinkan kuman masuk ke dalam saluran kencing.
  • Tidak buang air kecil sebelum melakukan hubungan seksual, memiliki riwayat penyakit kencing dapat juga menjadi penyebab infeksi saluran kemih.

 

Gejala Anyang-anyangan

Gejala anyang-anyangan sangat khas, yakni sering merasa ingin berkemih, tetapi hanya sedikit atau tidak bisa menahan kencing. Jika berkemih pun terasa agak panas. Infeksi saluran kemih (ISK) bisa mengenai saluran keluar kandung kencing (uretra) yang disebut uretritis, kandung kemih (sistitis), saluran ureter yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih (ureteritits), serta ginjal (pielonefritis).

 

Pengobatan Anyang-anyangan

Apabila anyang-anyangan terjadi berhari-hari sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar segera mendapatkan penanganan medis. Atau bisa konsumsi ramuan herbal yang telah terbukti membantu mengatasi penyakit anyang-anyangan, salah satunya adalah jus kulit manggis XAMthone Plus

Incoming search terms: